Blog Ghaisan : Info & Review Produk Terbaru

Blog Informasi Seputar Produk, Review Produk Terbaru dan Tips-tips seputar Kesehatan.

LightBlog

Breaking

Rabu, 30 Agustus 2017

Apa itu KPI (Key Performance Indicator)

Ukur kinerja Anda terhadap sasaran bisnis utama.

Key Performance Indicators - Definisi

Sebuah Key Performance Indicator adalah nilai terukur yang menunjukkan seberapa efektif suatu perusahaan mencapai tujuan bisnis utama. Organisasi menggunakan KPI di berbagai tingkatan untuk mengevaluasi keberhasilan mereka dalam mencapai target. KPI tingkat tinggi dapat berfokus pada keseluruhan kinerja perusahaan, sementara KPI tingkat rendah dapat berfokus pada proses di departemen seperti penjualan, pemasaran atau call center.

Untuk definisi yang lebih rinci, lihat sumber-sumber berikut:

KPI hanya seharga tindakan yang diilhaminya. Terlalu sering, organisasi secara membabi buta mengadopsi KPI yang diakui industri dan kemudian bertanya-tanya mengapa KPI tidak mencerminkan bisnis mereka sendiri dan gagal mempengaruhi perubahan positif. Salah satu aspek KPI yang paling penting, namun sering diabaikan, adalah bahwa mereka adalah bentuk komunikasi. Dengan demikian, mereka mematuhi peraturan dan praktik terbaik yang sama seperti bentuk komunikasi lainnya. Informasi ringkas, jelas dan relevan jauh lebih mungkin diserap dan ditindaklanjuti.

Dalam hal mengembangkan strategi untuk merumuskan KPI, tim Anda harus memulai dengan dasar-dasarnya dan memahami apa tujuan organisasi Anda, bagaimana Anda merencanakan untuk mencapainya, dan siapa yang dapat bertindak berdasarkan informasi ini. Ini harus menjadi proses berulang yang melibatkan umpan balik dari analis, kepala departemen dan manajer. Karena misi pencarian fakta ini terbentang, Anda akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang proses bisnis apa yang perlu diukur dengan KPI dan dengan siapa informasi itu harus dibagi.


Menjadi SMART tentang KPI Anda

Salah satu cara untuk mengevaluasi relevansi KPI adalah dengan menggunakan kriteria SMART . Huruf-huruf tersebut biasanya diambil untuk tujuan spesifik , terukur , dapat dicapai , relevan , terikat waktu . Dengan kata lain:
  • Apakah tujuan Anda Spesifik ?
  • Dapatkah Anda Mengukur kemajuan menuju tujuan itu?
  • Apakah tujuan realistis yang bisa didapat ?
  • Seberapa relevan tujuan organisasi Anda?
  • Apa kerangka waktu untuk mencapai tujuan ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar