Blog Ghaisan : Info & Review Produk Terbaru

Blog Informasi Seputar Produk, Review Produk Terbaru dan Tips-tips seputar Kesehatan.

LightBlog

Breaking

Kamis, 27 April 2017

Asal-usul Singkat May Day

Oleh Eric Chase - 1993.
solidarity of may day

Kebanyakan orang yang tinggal di Amerika Serikat hanya tahu sedikit tentang Hari Buruh Internasional pada Hari May. Bagi banyak orang lain ada anggapan bahwa ini adalah hari libur yang dirayakan di negara-negara komunis seperti Kuba atau bekas Uni Soviet. Kebanyakan orang Amerika tidak menyadari bahwa May Day berawal di sini di negara ini dan sama seperti "Amerika" sebagai bisbol dan pai apel, dan berasal dari liburan pra-Kristen di Beltane, sebuah perayaan kelahiran kembali dan kesuburan.

Pada akhir abad kesembilan belas, kelas pekerja terus berjuang untuk mendapatkan jam kerja 8 jam. Kondisi kerja sangat parah dan cukup umum bekerja 10 sampai 16 jam dalam kondisi tidak aman. Kematian dan cedera biasa terjadi di banyak tempat kerja dan mengilhami buku-buku semacam Upton Sinclair's The Jungle dan Jack London's Iron Heel . Pada awal tahun 1860-an, orang-orang yang bekerja merasa gelisah untuk memperpendek hari kerja tanpa memotong gaji, tapi baru pada akhir tahun 1880-an, tenaga kerja terorganisir mampu mengumpulkan cukup kekuatan untuk mengumumkan 8 jam kerja. Proklamasi ini tanpa persetujuan dari pengusaha, namun dituntut oleh banyak kelas pekerja.

Pada saat ini, sosialisme adalah gagasan baru dan menarik bagi orang-orang yang bekerja, banyak di antaranya tertarik pada ideologi kontrol kelas pekerja atas produksi dan distribusi semua barang dan jasa. Para pekerja telah melihat secara langsung bahwa Kapitalisme hanya menguntungkan atasan mereka, memperdagangkan kehidupan para pekerja demi keuntungan. Ribuan pria, wanita dan anak-anak sangat membutuhkan setiap tahun di tempat kerja, dengan harapan hidup serendah awal dua puluhan di beberapa industri, dan sedikit harapan tapi kematian meningkat dari kemiskinan mereka. Sosialisme menawarkan pilihan lain.

Kapan May Day?

May Day jatuh pada tanggal 1 Mei tahun ini.

may day - hari buruh internasional


Apa itu May Day?

May Day berakar pada adat istiadat Anglo-Saxon pagan dan festival kafir Beltane, yang menandai awal musim panas.

Biasanya, pada bulan Mei desa dan kota di Inggris sekarang menandai awal kesuburan musim semi.

Hal ini biasanya akan dirayakan dengan pertemuan masyarakat yang besar, desa-desa yang mengadakan fetes dan kegiatan menyenangkan lainnya. Ratu May juga dinobatkan pada May Day, dan sering melihat anak-anak sekolah lokal bersaing memperebutkan mahkota untuk menghormati Flora, dewi Romawi.

May Day di Irlandia

May Day ( Lá Bealtaine ), atau Hari Buruh ( Lá a Lucht Oibre ), adalah hari Senin pertama bulan Mei. Ini adalah hari libur nasional di Republik Irlandia. Ini adalah festival Celtic tradisional dan ada saatnya untuk mengkampanyekan hak-hak pekerja.


Apa yang orang-orang lakukan?

Pameran atau makanan komunal diadakan di beberapa desa. Beberapa orang menghadiri parade, demonstrasi dan perayaan Hari Buruh di kota-kota besar, seperti Dublin. Ini sering menarik kontingen dari serikat pekerja, partai politik dan kelompok yang berkampanye untuk keadilan sosial dari Republik Irlandia dan Irlandia Utara. Peristiwa ini mungkin terjadi pada hari Senin pertama bulan Mei atau Sabtu menjelang tanggal ini.

Kehidupan publik di hari buruh Internasional

Bank, kantor pos dan banyak bisnis dan organisasi lainnya tutup pada hari Senin pertama bulan Mei. Namun, toko dan pub umumnya buka, meski buka nanti dan tutup lebih awal dari biasanya. Jadwal layanan transportasi umum bervariasi tergantung tempat tinggal dan tujuan perjalanan. Mungkin ada gangguan lokal terhadap lalu lintas karena parade.

Sejarah hari buruh

Awal Mei terkait dengan festival Celtic Lá Bealtaine . Ini menandai dimulainya musim bunga mekar dan pohon buah. Secara tradisional, belfires menyala pada malam hari sebelum May Day. Belfires adalah api unggun besar yang membakar kayu dari berbagai jenis pohon. Berbagai jenis kayu memiliki makna spiritual yang berbeda dan dianggap memainkan peran penting dalam kesuburan tanah dan ternak di tahun yang akan datang.

Senin pertama bulan Mei menjadi hari libur umum setelah Peraturan Undang-undang tentang Liburan Umum 1993 . Liburan pertama kali diamati pada tahun 1994. Cari tahu lebih banyak tentang latar belakang liburan ini dengan membaca artikel umum Timeanddate.com pada hari May Day / Hari Buruh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar